Tuesday, 27 March 2012

National Geophysics Paper Contest (NGPC) 2009

Yupzz,, sesuai namanya,, ini adalah acara lomba paper,, Bandung, 2-4 Oktober 2009

Ssstttt... gw lagi presentasi,, ^^




Inilah Para Presenter Kitaaaa...
Acara ini diadakan oleh HMGI (Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia) yang diikuti sekitar 40 peserta. Kemudian, 8 finalis dipanggil ke ITB Bandung untuk mempresentasikan papernya..  Finalisnya 3 dari UGM (Mz Herlan Darmawan, Annas Budhi Astuti dan saya sendiri sbgai presenter), 2 dari ITB (Indah Hermansyah dan David Sahara sebagai presenter), 1 dari UNILA (Rian Amukti), 1 dari UNIBRAW (Cholisina Perwira) dan 1 dari UNPAD (Samson). Sayang,, aku nggak menang,,, hikzzz,,,Walaupun nggak menang,, aku tetep senang senaaaaaaaannggg,, hahahahahaha..


Makan Siang Sebelum Presentasi,, walaupun deg2an,, gw tetep makan,, hahay ^^


Seragamnya NGPC..

Tetep Narsis dimana ajaaaaa,,, hahahaha

Konser dadakan ni,, penutupan acara di kafe yang gw lupa namanya,,, :D

Ngantuuuuukkkkkk,, lol



Geophysics Expedition 2009

Geophysics Expedition (GE) kali ini ke Kamojang, Garut, Jawa barat!!!

Kamojang adalah salah satu daerah di Indonesia yang terkenal sebagai penghasil energi Geothermal. Btw, seluruh pasokan listrik di wilayah ini menggunakan energi tsb lohhh,,, ^^

Horeeeeeeeeeeee,,, hidup GE!!

Pengambilan data di lapangan
Eh, pada blm tau ya GE itu apa??

GE itu,, adalah salah satu kegiatan kemahasiswaan yang diadakan oleh HMGF (Himpunan Mahasiswa Geofisika) UGM untuk mahasiswa geofisika khususnya taun ke 1 dan 2. Btw,, aq taun ketiga loh??? Nah, aq juga belajar disini,, sekalian membimbing adek2 dan menerapkan ilmu yg baru aja aq dapet di bangku kuliah,,


So,, this is the challenge!!!




Ceritanya lagi diskusi,, hehehe :P
Pada GE kali ini,, aq kebagian pegang VLF (Very Low Frequency) Method. Metode ini menggunakan prinsip gelombang EM. Gelombang EM yang digunakan adalah gelombang yang berasal dari beberapa pemancar yang sudah ada (digunakan sebagai alat komunikasi kapal selam karena butuh frequency yang sangat rendah untuk mencapai daerah yg dalam). Gelombang ini menjalar melewati tubuh bumi sehingga menimbulkan arus Eddy,, kemudian ditangkap oleh transmitter yang kita punya. Hasil akhirnya berupa peta resistivitas.


Kali ini, targetnya adalah memetakan zona alterasi pada sekitar kawah Kereta, kawah Manuk, dan kawah Barecek. Zona Alterasi adalah daerah dimana batuan  mengalami pelapukan yang disebabkan oleh adanya panas dari bawah permukaan bumi.

Berlindung di Bawah Pohon,,, hmmmm,,, :)
That's my Group

Ohya, hasil interpretasi pada kegiatan ini kita jadiin paper dan dikirim ke acaranya HMGI -- liat pos berikutnya yaaaaa,,, c u ^^

Fisika Gunung Api Bromo 2010

FGA,, Fisika Gunung Api,,

Bergaya sebelum Praktikum,, hahaha,, kayak tempelan ya??
Salah satu praktikum di Prodi Geofisika UGM tentang meneliti gunung api menggunakan alat dan metode geofisika. Tujuannya untuk mengetahui persebaran magma di bawah permukaan melalui parameter2 fisika. Metode yang kami gunakan disini :

kelompokkkuuuuuuu,, ^^
1. Geolistrik >> menggunakan parameter hambatan listrik, hasil akhir berupa pemetaan nilai resistivitas subsurface. Biasanya, batuan2 beku mempunyai nilai konduktivitas yang tinggi.
2. Magnetik >> menggunakan parameter susceptibilitas magnet, hasil akhir berupa peta medan magnet lokal maupun regional.
3. VLF dan AMT >> menggunakan parameter Elektromagnetik, berarti ada medan magnet (H) dan medan listrik (E). Hasil akhir berupa peta resistivitas bawah permukaan, untuk VLF akan memetakan daerah yang lebih dangkal dibandingkan AMT.
4. Suhu >> menggunakan parameter suhu,, derajat celcius, metode ini dilakukan untuk mengetahui persebaran suhu pada daerah tsb, semakin panas,, menandakan magma dangkal.
5. Gravity >> menggunakan parameter densitas, hasil akhir berupa peta anomali bouger,, daerah yg banyak mengandung magma akan lebih berat, karena mengandung batuan2 yg bermineral berat.
6. GPS >> menggunakan parameter perubahan koordinat,, jadi,, kalau magma mw keluar,, gunungnya kan jadi membesar,, nah,, itu yg dipakai untuk mengetahui perubahannya..


Haluuuu semuaaa,,, pagi yg ceraaahhhh,,, *itu Pak Imam ko pencet idung??

capeknyaaaaaa naek,, naekkk,,, *ini mw pulang k pondok lohh,, klo brangkat malah turun..


Giliran sampe puncak Bromo,, malah kabut semua,, ckckckck,,, :(


Monday, 26 March 2012

LoGoKuuu,,, ^^



Mawar Indah Nursina,,, saya bangga dengan nama saya,,, hahaha,, narsis,, ^^

Sunday, 25 March 2012

Yogyakarta -- Main2 dg Camdig

Study Tour ke BPPTK Jogja,, hoho



Bandung Part 2 -- Main2 dg Camdig

Salah satu Hotel di Bandung,, bagus yaaa,, ^^

Gedung Asia Aprika ne,,, tapi bis itu bingung g tw jalan pulang,, hahahaha

Pemandangan kota Bandung dari atas,, nama tmpatnya Puncrut,, Puncluk apa Kucrut ya,,haha,, lupa

Hotel in Bandung,, :)

Bandung Part 1 -- Main2 dg Camdig

Salah satu Menara Mesjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung -- 5 pm,, almost sunset,, ^^

Masjid Raya Bandung,, 5.30 pm,, :)

Gedung Merdeka Bandung,, lupa nama jalannya,, wkwkwk,,

Gedung Merdeka Bandung
 Gambar2 di atas diambil pada hari yang sama,, dan sama sekali belum di edit,, karna gak tau cara ngeditnyaaaaammm hahaha,,,  jadi,, maap2 aja kalo g jelas,, maklumlah masih amatiran,,

But,, I think,, I love those clouds,,, :D

Saturday, 24 March 2012

Bermain dengan Camera Digital

Si "Koneng" dan "obat kuat" nya,, wkwkwk


Like a Mistletoe right?? -- at Ciwalk Bandung,, christmast event

Amazing Lombok and Rinjani 6 - 12 Agustus 2017

Rinjani? Gunung impianku sejak mendengar namanya pertama kali saat Annas mengajakku saat masih kuliah di Geofisika UGM dulu. Gunung yan...