Wednesday, 20 February 2008

Fisika Gunung Api Kamojang 2008

Ada moment nyank asik tapi lupa gw ceritainn..

FGA.. as volunteers
apa ntu FGA?!
Ya elahh.. langsung aja ya.. udah malem nee... Fisika Gunung Api @ Kamojang Geofisika UGM
Tanggal.. kayaknya Januari akhir dah..

Hari 1Isinya jalan-jalan doank! Qta liat-liat kawah di sono.. kayak lumpur LAPINDO gitu dehh.. tapi nyank ni ada uap yang nyembur kayak kereta api.. mungkin karna ntu ya dinamain kawah kreta??!! ( emang gitu deehh.. bukan mungkin lagi !! hehehe) . Oia.. gw foto2 juga lho! kapan2 gw kasih fotonya dehh tapi gw g tau caranya! gimana doonkkkkkkkkkkkkk!!! ada yg mau bantuin gw???
Pasti lo2 pada nyadar kan kenapa di sini miskin banget foto???!!!!

Hari 2

GPS dan GRAVITY
Yee.. pade kagak tau kan ntu apaan????!!!! tadinya gw juga blenk banget dah ma ntu alat! tapi berkat ikut beginian gw jadi lumayan ngerti...
GPS alias Global Positioning System.. dipake buat nentuin titik koordinat, atawa nyari tempat.. kalo g salah sih pake satelina Amrik. Ada lagi yng lebih kecil namanya GPS garmin ! praktis dan mudah dibawa kemana-mana! Ayo buruan beli !!! keburu kehabisaaaaaaaaaannnnn!!!! (lho?) Sorry, kebawa suasana....GRAVITY yah buat ngitung gravitasi lahh.. gw rada2 g ngerti sih prinsip kerjanya.. yahh ntar kalo udah bener2 ngerti baru gw jelasin lagi deehh.. yang jelas ada hubungannya ama pegas gitu.. ni alat sensitif banget! g boleh kena matahari so, kemaren dipayungin de! sedangkan gw panas2an! udah gitu waktu lagi ngukur g boleh ada benda bergerak sedikitpun di sekitarnya!!!
Sekarang kita omongin medan pertempurannya.. bukit2 yang bertanah sangaaatt..sanggaaaaaaattttt GEMBUR !!!! masa' gw naek bukit yang kurang lebih 10 meter aja bisa 15-30 menit ssiiihhh??!!
Masalahnya saking gemburnya ..pas gw naek 20 centi.. ehhhhhhhhhh.. turunnya 30 centii... !!!! yaahhh.. lo bayangin ndiri aja deh!


Hari 3

SUHU DAN VLF
SUHU ntu.. salah satu alat Geof juga buat deteksi besar suhu in subsurface, terdiri dari mapping n monitoring. Kalo mapping, perubahan suhunya diukur beserta perubahan jarak, jadi kita jalan gitu dehh.. kalo monitoring, diukur di satu tempat so ngukur perubahan suhu terhadap waktu.. ngerti nggak??? phie.. gw g sempet coba yang monitoring.. soalnya ujan deres banget!!!! kapan-kapan aja deh kalo gw ikut lagi..
VLF alias Very Low Frequency.. prinsip kerjanya dengan memanfaatkan gelombang Elektro magnetik yang ada di alam, di sini kita pake gelombang dari 2 stasiun yang terdekat dengan Indonesia.. kalo g salah Jepang n Australi.. pokoknya gitu deh !! ntar kalo gw udah lebih ngerti bakalan gw ceritain lagi!!! seenggaknya sekarang gw udah tau jenis2 alat n prinsip kerjanya !!! (selain gw bisa ngebedain alat getoooooooooooo)
Mengenai medan pertempurannya.. hmm.. medannya kebalikan hari kedua.. kali ini malah kita harus susah payah nebangin semak-semak berduri buat lewat.. yah.. alhasil agak lecet2 gitu deeehhhhhhhhhh.. untung g da makhluk laen yang ngikut ambil data...
Hari ke 3 ini kabutnya turun maaannn !!! mungkin gara2 ujan yaaaa... tapi kalo diliat2 malah jadi keliatan lebih alami sseeeehhhh...
Malem pas presentasi.. gw n Peppy ketiduraaaaaaaaannnnn !!!!!! hiks.. maaf yaa kakak2 04..


Hari 4

CSAMT dan MAGNETIK
CSAMT ntu.. adalah salah satu metode yang kalo nggak salah gunain gelombang Elekro magnetik juga.. tapi kemaren gw g sempet nyobain yang ne.. yang gw inget tuh kalo CSAMT kabelnya banyak banget n gede2.. so, gw sebagai wanita yang feminim dan lemah.. lebih baik ngalah ma yang gede2.. makanya gw cuma ikut magnetik huehehe.. lagian jalurnya laen kok! (bela diri neehh)
MAGNETIK.. prinsip kerjanya ya kayak magnet gitu deh.. kan setiap batuan mempunyai kemagnetan yang berbeda2.. yahh.. alat ni deteksi seberapa kuat batuan di subsurface dikenai gaya magnet.. Magnetik ini qt cuma ber 5 (gw, Mb Hatma, Ms Alam, Pak Iyunk n Pak Joko) soalnya alatnya cuma kotak ukuran kotak sepatu yang sensitif banget ma benda2 yang mengandung besi (besi jam jg g boleh! soalnya bakalan mempengaruhi pengukuran.. kalo kemagnetan jamnya yg keukur gimana coba?!) dan alat 1 lagi barupa tiang g jelas yang ujungnya ada hmm.. pokoknya sensor yang bentuknya kayak kaleng susu deh!! Jalurnya akan gw bahas di bagian medan
Nah.. sekarang kita ngomongin medan pertempuran yang terakhir.. Medan pertempuran kali ini enaaaakkkkkkkkkkkk buaanngggetttttttt!!!!! saking enaknya.. gw sampe pengen berendem seharian di sono.. Tau nggak sodara2!!!! medannya tuhhh RAWA!!!! Hikss.... mana warna gambutnya merah ampe item..hiks.. bayangin aja gw berendem seharian di sono!!!! yahh.. nambahin aja neh biar lo bisa pada ngebayangin.. abis nyelup di sono.. gw yakin baju n celana gw sanggup ngewarnain lantai ampe iteemm!!!! hikss.. pada hari yg sangat menyiksa ini ada salah satu dari kami yg SANGAT EGOIS!! nya make sepatu karet.. (sapa yaaa??? yg ngerasa aja deh!!!).
Malemnya presentasi n buat laporan.. Ya Allah.. capek banget dehh!!! Oia, waktu gantian bikin laporan (shift2an gt..) ada orang yang songong banget moto gw pas tidur.. dan celakanya.. foto pala gw yg sedang asyik2nya mimpi indah itu sekarang nampang di RUANG DOSEN GW!!!!!! hikss.. loe bayangin aja pala dalam ukuran 4R!!!! gede banget khaann???!!!! (pokoknya gw dendam banget ma yang moto!!!! _ sapa ya?? yg ngerasa aja dehh!!!!)

Hari 5Pulang.. pulang.. HORE!!!
sampe di Jogja jam 9 malem neehh... bubyeee!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


N/b:
Spesially thanks for ..

  • Mba Hatma.. makasih banget udah bagi2 ilmunya n ngebimbing aku dari hari pertama.. maaf kalo kebanyakan nanya..pokoknya makasih banget deh!!!
  • Mas Alam.. makasih udah ngasih tau prinsip2 alatnya yaa... bermanfaat banget buat ngerjain PR instrumentasi GG..hehehe..
  • Peppy.. makasih udah megangin gw waktu tidur di bis.. kalo enggak.. mungkin gw udah bonyok2 yaa..
  • Someone (yg ngerasa aja deh)... dendam belom terbalaskan.. tunggu aja ! pembalasan lebih kejam!!!!
  • All of 'O4 GF... makasih udah ngijinin aku jadi volunteer FGA kalian.. asyik banget!!!!

nambah lagi.. "Oh iya.. mb Hatma.. kapan qt bales dendam?? katanya mau di kampus aja?? kemaren waktu pulang kan g jadi?? tapi u kok g pernah nongol di kampus ?? orang itu merajalela nih mba!!!!"

Tuesday, 12 February 2008

Hikss..hikss..

Malam yang dingin ini..
Ada sesuatu yang membuatku tertarik..
Ada sesosok makhluk yang sedang menggeliat di dekat pager kosanku...
Kuperhatikan dia dan kupanggil...

'Pussii....pussss...'

Na'am jayyid jiddan!!!!
That's my cat! Pussy...

Kudekati dia dan kubelai kepalanya.. tiba-tiba..
"Mawar.."
lho.. si Pussy bisa ngomong!!! ku tepis pemikiran itu dan mencari2 sumber suara..

"AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA"

kontan aku teriak.. mau tau kenapa???!!!
tebak hayyoo... Bukan!! bukan hantu kok!!!!
Soalnya ada seekor pria yang duduk di teras ama mba kos gw (lha?! Mangnya kenapa???)

Hikss.. soalnya... soalnya.. gw lagi g pake jilbab!!! hikss.. Aduhh.. malu banget gw!!!
Coba tuh pussy bisa ngomong n ngingetin gw!!! jangan ding! ntar gw malah pingsan di tempat!!!

Pokoknya gw g bakal ngelus2 si Pussy lagi deeecccchhhhhhhhh!!!!!!! tapi kacian juga yaa.. ntar doi haus kasih sayang gw lagi!!! n semenjak gw teriak kemaren.. si Pussy udah jarang nongol di depan gw.. hikss Pussy I'm sorry.. sebenernya.. gw kangen bgt ma lo.. hikss..

Pesen : khususnya bagi yg berjilbab.. kalo mo ngelus binatang kesayangan anda yang lagi bertengger di luar.. harap tengok kiri kanan dulu yaaa...

Sunday, 10 February 2008

Bersih bersih!!!

Today.. bersih-bersih HMGF..
Ehh.. nyak belon pada tau... HMGF ntu.. Himpunan MAhasiswa Gila Foto!!
Enggak ding! yang bener Himpunan Mahasiswa GeoFisika.. hwee..

tau nggak!!! (nggak tau khan???!!!)
tadi gw ngecet HM!!! truss.. kan ada tukang betul2 atep tuhh.. masa' tukangnya bilang gini..

tukang : "Mba.. pinter juga ngecetnya!"
gw :" Iya pak, udah biasa nge-cet!!!"

Hwee.. gw tambahin aja biar sekalian dikira tukang cet beneran!!! oiya.. jangan2 tuh tukang malah kawatir kalo gw bakalan nyaingin dia!!! mungkin aja cet-an gw tadi bener bagus yee.. sampe ngalahin tukang!

Sebenernya gw mokal juga dibilang kayak gitu.. soalnya gw kawatir ntu tukang bakal bener2 mikir kalo gw mantan tukang kayak dia! he3x...
Walhasil.. baju gw jadi ikutan kena cet.. celana.. padahal gw pake baju putih.. hikss.. baju putih dari bokap gw nambah motif ijo polkadot gitu dehh!! untung kagak banyak! kalo iya bakalan kayak badut!

Hmm.. tapi boten nopo2.. yang penting HMnya jadi comfortable buat sapa aja..

n/b:
tadi gw nyuci piring n gelas yang kayaknya udah dari zaman pengurus HMGF pertama belom dicuci! masalahnya sisa kopinya udah disarangin makhluk2 g jelas!
Dengan ngucapin basmalah sampe nangis darah akhirnya gw bunuh makhluk yg nggak berdaya ntu.. hikss.. kacian ya.. soalnya tadi doi langsung gw tenggelemin gitu deehh.. maaf bgt yaa makhluk yg g jelass...

FRIENDSHIP

Kawan..
Menurutmu apakah 'sahabat' itu?

"Sahabat" yang hanya diumbar lewat kata-kata kah?
"Sahabat" yang lupa jika dia punya temen barukah?
"Sahabat" yang ingat pada kita jika kita bermanfaat untuk diakah?
Atau...
"Sahabat" yang selalu tahu semua kondisi kita dimana pun dia berada?

Kawan.. kau tahu??
Aku punya sahabat dari masing-masing sifat yang kusebut
Dan aku menyimpulkan bahwa..

Kamu akan lebih mengenal "sahabat"mu jika kamu jauh darinya
LIHAT SEBERAPA PERHATIAN DIRINYA PADAMU..
So, kamu akan menemukan sahabatmu yang sebenarnya..
Orang yang selalu ada untukmu..
Yang selalu mendengar keluh kesahmu suka maupun duka..

"Sahabat yang baik adalah orang yang selalu menyebutmu di setiap lantunan doanya.."


Spesially from : "Irena Octavia" thanks for u.. u r my best friend...

Amazing Lombok and Rinjani 6 - 12 Agustus 2017

Rinjani? Gunung impianku sejak mendengar namanya pertama kali saat Annas mengajakku saat masih kuliah di Geofisika UGM dulu. Gunung yan...