Travelling Magetan-Jogja 26 Feb - 1 Maret 2016

Jumpa lagi travellers !

Apa-apaan ini, trip februari kok dipost di bulan Juni, hampir Juli malah. Hahaha.. maaf-maaf.. berasa punya utang tulisan deh. Udah melalui berapa kali trip sih, tapi akan aku coba tulis satu-satu yaa. Lets check them out!

Kali ini kita akan mengunjungi daerah sahabat aku di Magetan, Jawa Timur. Kenapa aku kemari? Yap, temen aku melangsungkan pernikahannya di Magetan. Jadilah Aku, Galuh dan Heri meluncur ke salah satu kota yang apik ini. Kami berangkat dari stasiun Pasar Senen menggunakan kereta Senja Utama Jogja jam 20.15

Nggak tahu ini Telaga apa, lupa, nemu di pinggir jalan.. ehehe

27 Februari 2016

Yogyakarta
On Boat, telaga Sarangan
Pukul 04.00 pagi kami sampai di stasiun Tugu Yogyakarta. Kami bersih-bersih, shalat shubuh dan mencari sarapan di stasiun karena nanti jam 7 pagi kami akan melajutkan perjalanan ke stasiun Madiun. Menunggu Mba Ita yang membawa tiket kereta selanjutnya menuju Madiun, aku dan Galuh berkeliling stasiun mencari cemilan. Heri kebagian menunggu tas.

Jam 06.40, Mba Ita muncul di pintu keberangkatan sambil berseru panik " Kereta-nya sebentar lagi berangkat!" yang ternyata keretanya berangkat jam 06.45, bukan jam 7 tepat yang awalnya kita kira. Alhasil kami bertiga langsung berlari ke tempat tas kami ditinggal dan langsung buru-buru naik kereta yang ternyata ada di peron sebelah kita duduk ahahaa. Perjalanan Jogja-Madiun menggunakan kereta menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan yang kami pergunakan untuk kembali merajut mimpi sambil sesekali ngemil. *Ngemil eskrim pagi-pagi endees loh :P

Madiun - Magetan
Istirahat dan sarapan di rumah Anggi
Akhirnya on Boat.. hahaa..
Sampai di stasiun Madiun, kami sudah dijemput oleh kakaknya Anggi, Mas Hendrik. Kami langsung menuju rumah Anggi di goranggareng, Magetan. Ada cerita lucu disini, gapapa deh ya diceritain aja. Jadi ketika aku dan Mba Ita lagi cari informasi buat tiket balik ke Jogja besok pagi, Heri yang tadinya nemenin Galuh nyamperin aku ninggalin Galuh sendirian. Kan kasian anak orang entar ilang gimana? Aku langsung bilang kedia "Loh? kamu kok ninggalin Galuh sendirian?"

Tapi terus... dia dengan polosnya jawab "Aku takut maw, aku diliatin cewek-cewek di depan itu.." yang berhasil membuat aku setengah bengong setengah pengen ngakak karna ekspresi dia yang serius ngomongnya. Aku cuma jawab sambil bengong "Hah?"

Akhirnya Heri jalan duluan  ke arah dia ninggalin Galuh tadi, aku ngikutin dia di belakang. Penasaran juga, sambil lewat aku perhatiin dua orang cewek yang dia maksud tadi dan emang bener sih, pas dia jalan, dua cewek yang duduk di pinggir itu emang ngeliat dia nggak nyantai banget yang sukses bikin aku ngakak beneran di belakang dia. Yah pantesan aja dia kabur, ngeliatinnya kayak gituuu nggak ngediiip. Ahahahahaaa..

Sebenernya mau liatin history Telaga Sarangan di Papan belakang kita sih..
Para Pecinta Duren
Setengah jam kemudian, kami sudah duduk manis menikmati sarapan yang disediakan Anggi dan keluarga sambil mengobrol bertukar cerita. Kasihan Heri, dia nggak ngerti bahasa Jawa, yg buat kita sengaja ngejahilin dia. Hahaahahaaaa *ketawa setan. Setelah makan dan berfoto dengan sang calon pengantin, kami menuju rumah tempat kami menginap, sekitar 15 menit dari rumah Anggi.

Menunggu akad nikah yang akan dilaksanakan jam 7 malam nanti, Anggi dan keluarga memfasilitasi kita 2 buah sepeda motor untuk jalan-jalan. Setelah bersih-bersih dan beristirahat sebentar, kami akhirnya memutuskan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata andalannya Mbak Anggi. Telaga Sarangan.
Pengantin Kita

Perjalanan ke Telaga Sarangan dari pusat kota Magetan menghabiskan waktu sekitar setengah jam. Kesan pertama aku terhadap kota ini adalah bagus dan bener-bener kerasa pedesaan banget! Aku betah disini. Hehee. Di jalan kami mampir sebentar untuk berfoto di spot-spot yang kami lihat bagus. Sampai di Telaga Sarangan, kami makan sate kelinci dan wedang ronde. Hmm.. rasanya biasa aja sih menurutku. Setelah itu, kami mengelilingi Telaga Sarangan dengan speed boat, penasaran, aku akhirnya mencoba mengendarai speed boat sendiri. Tapi yang nggak disangka, Mba Ita bawa-nya yang paling ngebut loh! padahal awalnya dia yang nggak mau ikut.. trus pake bilang nggak mau naek kalau aku yg nyetir.. hadeeehh..

Puas menikmati keindahan Telaga Sarangan, kami memutuskan untuk pulang karena takut nggak keburu akad nikahnya Anggi. Di perjalanan, kami mampir membeli duren karena si Heri ngidam sampe nangis-nangis minta duren. wkwkwk. Aku yang bukan maniak duren dipaksa mereka makan juga, tapi emang enak sih. Hahahaa.. walaupun enak, tetep lebih banyak bakso yang masuk ke perutku daripada si Duren.

Enggak dimana, cewek dan selfie ga bakal lepas yee..
Habis makan duren, kami mampir lagi ke penjual stroberi, terus ke penjual buah naga. Aku kira harganya 1 buah naga kecil seukuran kepalan tangan 13rb, eh, nggak tahunya 13rb/ kg! Murah banget! untung nggak ngotot nawar, kan malu.. kebangetan juga sih!
*Btw, ini perjalanan isinya makan mulu...

Sampe di rumah *tantenya Anggi, kami langsung bersih-bersih dan berdandan ria buat dateng ke akadnya Anggi. Ternyata, kami semua membawa baju yang bernuansa pink, padahal nggak janjian loh! Jadi berasa pake seragam.
Brides Maid Pink semuaa
Hampir telat karena hujan, akhirnya kami berhasil menghadiri akadnya Anggi. Setelah itu kami berfoto dan mengobrol sambil si Anggi ribut mulu bisik-bisik ke aku "May Gedhang May.. ojo lali Gedhang.." (May jangan lupa pisang May.. konon katanya kalau ngambil pisang tapi nggak ketahuan pengantennya bisa ketularan nikah..wkwkwk)

Nyoba jadi nakhkoda.. padahal nyetir mobil aja belom bisa.. wkwkwk

28 Februari 2016

Stasiun Madiun
Jam 7 pagi kami udah nongkrong di rumah Anggi buat sarapan sekalian pamit buat balik ke Jogja. Satu hal yang bikin malu adalah.. si Anggi teriak-teriak dari ruang rias "Maaayy.. gedhaangg.. ojo laliii gedhaaangg.." yang buat aku malu setengah mati sama ibunya Anggi yang ketawa-tawa dan malah support aku buat ngambil pisang. Haha. Ya ampuuuunn ni anak satu minta dijitak kali yeeee...

Yogyakarta
Langsung chao ke Pantai Depok
Demi Seafood
Alhamdulillaah kami dapat kereta eksekutif dengan harga miring ke Jogja. Beli tiketnya juga cuma dibuka 2 jam sebelum keberangkatan. Sampai di Jogja, Mba Ita dan Galuh beserta barang-barang naek becak check in ke hotel, sedangkan aku dan Heri pake motor mba Ita menuju rumah Pak Imam (dosen GF) yg juga bapak dari temenku Ical di jakal buat pinjem motor.

Paraahh.. makan lagi @Djedjamuran
Mengobrol sebentar dengan Pak'e dan Ical kami kembali menuju hotel. Hotel yg kami pesan adalah Cabin Hotel seharga 350rb untuk 2 malam. Karena kami berempat, jadi 1 orang kena 175rb. Mayan yaks, dapet sarapan pula. Hehee. Setelah istirahat sebentar, kami berangkat menuju pantai Depok, sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Jogja, aku kangen makan seafood disini. Kami nongkrong sampai menjelang maghrib kemudian kembali lagi ke hotel untuk bersih-bersih.

Jamuuur.. banyak Jamuur
Habis maghrib, kami memutuskan untuk makan *lagi di Djejamuran yang terkenal endees itu. Karena sayang sekali udah ke Jogja tapi nggak mampir ke resto unik serba jamur yang satu ini. Melewati daerah monjali yang ternyata banyak yang jual Duren, si Heri udah teriak-teriak lagi pengen duren. Aahaha. Kami memesan karedok, sate jamur dan jamur crispy yang langsung kami sikat habis tak bersisa. Dari Djejamuran, nggak pake mampir ke penjual duren, kami menuju ke nol kilometer Jogja di ujung jalan Malioboro, tapi ternyata sudah malem karena udah lumayan sepi dan nggak banyak atraksi. Menikmati kota Jogja di malam hari sambil menikmati bandrek, Galuh melemparkan bom surprise-nya ke aku dan Mba Ita. Eng Ing Eeeng..

Dia bilang kalau dua bulan lagi dia akan menikah menyusul si Anggi. Serius deh, di tempat umum, di tengah keramaian, aku meneteskan air mata saking campur aduk antara kaget, nggak percaya, dan seneng banget akhirnya dia menemukan "Mr Right" setelah melalui perjalanan panjang banget jatuh bangun yang kami semua tahu jalan ceritanya. Im so proud of you...

Ehmm.. yang bikin memalukan itu, entah dia nggak tahu atau cuma mau meramaikan suasana, si Heri malah manggil tukang sulap jalanan. Ishhh malu kan muka merah penuh ingus gituuu.. *ehh.. Tapi akhirnya aku ketawa juga sih gara-gara si bocil sulap itu serius lucu banget :D
Nggak ada bedanya ya sama pengamennya

29 Februari 2016
Borobudur Temple, One of Magical Sites
Finally reach the place ^^
Nggak tau ini nunjuk apa
Masih di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hari ini kami semua berpisah, Galuh mau ketemu sahabatnya di Bantul, dan Mba Ita ada tugas Co-ass di kampus. Rencananya.. rencana yang tinggal rencana.. namanya juga rencana. Aku mau berangkat pagi-pagi banget sekitar jam 4 untuk lihat sunrise di puncak Suroloyo, terus lanjut ke Borobudur dan Air terjun Kedung Kayang. Tapi berhubung malemnya kita kemaleman, jadilah aku nggak tega bangunin si Heri jam segitu. Ujung-ujungnya, jam 6 kita berangkat langsung ke Borobudur dan piknik sampe siang disana. Piknik part one itu makan cemilan nggak sehat di bawah pohon sambil menikmati pemandangan candi Borobudur. Ini sih sebenernya karena kita udah kepanasan banget disana dan tiba-tiba nemu tempat adem di bawah pohon. Lari takut diambil orang, akhirnya dapet juga tempat ngadem. Hohooo.

Piknik part two itu waktu nggak sengaja kita ketemu mbok-mbok jualan duren waktu menuju jalan pulang. Ngikutin ngidamnya anak satu yang kemaren malem nggak kesampean makan duren, akhirnya dia piknik makan duren ditemenin si Mboknya. Aku nyobain satu biji sih.. hehee.. Ehhmm.. durennya enak, tapi dapet jackpot ada yg busuk sih..

Piknik part terakhir itu waktu seket museum arah pintu keluar kita nemu tukang salak pondoh murah. Nggak tau deh ini kelaperan apa pengenan, kerjaan kita tuh makaaan mulu. Keluar Borobudur, kita langsung menuju Jogja, nggak jadi ke Air Terjun Kedung Kayang, karena selain si Heri udah ngantuk *lagi, dia dengan emezingnya pake sepatu pantofel kondangan kemarin, ya kali mau hiking pake sepatu begituan Balik ke Jogja, kami mampir Mie Ayam Gonel langgananku di Blimbing Sari.
Menuju Gerbang Borobudur

Ice Cream & Choco
Jam 1 siang kami sudah kembali lagi ke Hotel. Heri langsung tidur, sedangkan aku nunggu Sulis yang mau dateng sambil nonton tivi. Kangen-kangenan (Baca: curhat) sama Sulis selama hampir 2 jam lumayan juga. Kangen banget sama sobatku satu ini yang kerjaannya meriksain gunung mulu. Jarang-jarang aku ke Jogja bisa ketemu. Maklum, Ibu pejabat calon pengganti Pak Surono. Wkwkwkwk.

Jam setengah 5, Sulis pulang. Aku dan Heri mengunjungi Bapak Ibu Angkringan di pogung (deket masjid Agung Pogung) yang ceker bakarnya paling maknyuus. Serius ceker bakar disini top markotop deh. Aku pesen banyak ceker plus gorengan plus nasi kucing plus sambel terasi plus susu jahe plus ujan derees. Nikmaaat. Hahahaa.
Nb : Setelah tanya sama Bapak-Ibunya resep rahasia ceker, si Ibu menjawab kalau ngungkepnya harus pake kayu bakar, pake tungku. Haha. Oke fix aku nggak bisa bikin di Jakarta.

Masih belum kenyang, selanjutnya kami mampir ke rumah coklat. Cafe ini salah satu favorit aku dulu waktu kuliah karena deket dari kosan. Ada eskrim, Ada coklat. Udah cukup sih itu buat aku. Eh, tambah kentang goreng-nya laah buat penghilang eneg karena manis. ehehehe.

Pulang dari rumah coklat, kami mampir beli bakpia terus jalan-jalan cari souvenir di Malioboro yang ternyata jam sembilan malem pun masih ramai oleh pengunjung. Pedagangnya yang malah udah siap-siap pulang padahal pembelinya masih ramai. Hooo. Mampir sebentar karena mau foto papan nama jalan di Malioboro yang ternyata banyak yang ngantri.. kami lanjut berjalan sepanjang Malioboro. Kami mendapatkan beberapa souvenir seperti gelang (ternyata masih 10rb dapet 5 biji, wow!), sendal, tas, baju, dll.. Barang-barang yang aku sebutin belakangan itu si Heri semua yang beli looh. wkwkwkwk.

Dibuang sayang....

1 Maret 2016

Pagi-pagi sebelum ke stasiun aku mengembalikan motor ke rumah Pak Imam. Setelah itu, ceritanya sih mau makan gudeg yang khas Jogja. Kami memutuskan untuk makan gudeg di depan hotel Cabin. Aku pikir harga Jogja masih 15 ribuan lah satu porsinya walaupun pakai ayam, eh, ternyata, satu porsinya 25rb! Ahahaaa.. yasudahlah yaa.. udah masuk perut juga..

Mengendarai becak, Finally kami pulang naik kereta Bogowonto ke Jakarta.. belum puas sih mainnya, tapi next time jalan lagi insyaallaah.. tunggu trip selanjutnya yaaa !

Salam,
Nursina

Sampai Jumpa from Stasiun Tugu Yogyakarta!

REKAPITULASI KEUANGAN

Nasi Gudeg                                              Rp   25rb
Cemilan                                                    Rp   50rb
Bensin                                                      Rp   20rb
TOTAL                                                                        Rp 837rb

Pengeluaran Bersama
Skoteng dan makanan kecil                      Rp  35rb
Parkir dll                                                     Rp  20rb
TOTAL                                                     Rp 1324rb
Masing-masing                                                           Rp  331rb