Geologi Struktur - Polar Net, Wulf Net, Schmidt Net

Pagi semua..
(cr : File Kuliah Geologi Struktur)

Masih ingatkah pelajaran Geologi Struktur? Apa? tidak? saya juga sedikit lupa.. hehe.. :P

Kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis diagram yang biasanya digunakan untuk penghitungan kekar (fracture) maupun sesar (fault). Saya belum akan membahas cara pemakaiannya, mungkin nanti kalau masih ingat yaa.. :D

Eh? Lupa bedanya kekar dan sesar? Hmm.. seingat saya..
Kekar merupakan rekahan pada lapisan batuan, tetapi belum mengalami perpindahan (movement).
Sesar merupakan perpindahan lapisan batuan yang disebabkan oleh gaya sekitarnya, umumnya ada 3 jenis sesar : Sesar normal (turun), sesar naik, dan sesar geser.

Nah, gaya pembentuk kekar dan sesar ini juga penting untuk diketahui. Para geologist menggunakan suatu diagram untuk membantu menghitungnya. Mungkin saat ini sudah ada software yang dapat menghitung dengan cepat (tinggal memasukkan arah strike dan dip saja), akan tetapi tidak ada salahnya kita mengetahui darimana perhitungan itu berasal, bukan? Berikut ini adalah diagram-diagram yang sering digunakan para geologist.



Kalsbeek Net
Pada Polar Net, satu kotak melambangkan 1 derajat, dari lingkaran terdalam sampai terluar berjumlah 90 kotak, yang berarti 90 derajat. Kotak-kotak ini digunakan untuk membantu memplot sudut dip, sedangkan arah mata angin digunakan untuk membantu memplot arah strike.
Polar Net
Pada Shcmid Net dan Wulf Net, satu kotak melambangkan 1 derajat, jika dihitung dari N-S atau W-E akan berjumlah 180 kotak, yang berarti 180 derajat. Kotak-kotak ini digunakan untuk membantu memplot sudut dip, sedangkan arah mata angin digunakan untuk membantu memplot arah strike.
Shcmidt Net

Wulf Net

Comments

  1. Dear Nursina

    salamat pagi, i think i am write.
    Salam

    Actually I am looking to a software for schmidt net or polar net. Please don't think I am lazy. But I need it. Could you please help me to find it.

    with regards
    Dr. Kabir
    Japan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Here is the link for downloading the stereonet software you are looking for:
      Windows version: https://www.rickallmendinger.net/s/SetupStereonet64.exe
      Mac version : https://www.rickallmendinger.net/s/Stereonet.pkg
      Linux version: https://app.box.com/s/ftsahkaqwyk7uaj3mkadj4ub9lt0xsek

      Delete

Post a Comment