BackPacker ke Teluk Kiluan Lampung, Sumatra, Indonesia

This time we went to Kiluan!!

Beautifull Sunset at Teluk Kiluan, Lampung, Indonesia
Trip kali ini, saya pergi bersama teman-teman kantor di PetroChina Int'l. Biaya @850rb (include travel dari Bandar Lampung-Kiluan @470rb, plus bis PP Jakarta-Kiluan dan tiket kapal VIP upgrade Ferry Merak-Bakauheni). Sebenernya.. ini bisa dibilang backpacker.. bisa dibilang enggak..haha.. Disimak aja ya.. kekee.. :D


JUMAT, 23 AGUSTUS 2013

Kami berangkat dari Menara Kuningan, Jakarta pukul 20.00 WIB. Sampai di pelabuhan Merak pukul 23.30 WIB. Kami naik kapal KM Sakura pada pukul 00.30 WIB dan baru tiba di Pelabuhan Bakauheni pada pukul 05.30 WIB. Sebenarnya, kapal sudah berada dekat Bakauheni pada pukul 02.30 WIB, tetapi dikarenakan ombaknya besar, maka kapal tidak bisa merapat ke Pelabuhan. Saya tidak tahu berapa tepatnya biaya Ferry kelas ekonomi karena sudah dibayarkan panitia. Kalau dikira-kira yaitu 20-30rb per orang. Di atas Ferry, kita bisa upgrade ke kelas yg lebih bagus @8rb sudah dapat sharing room (lesehan) pakai AC. Kalau mau private room, kita bisa menyewa seharga 200rb per room.
Bakauheuni Port View (take on Ferry)
Saran : Naik Ferry kapal yang besar, karena akan tetap bisa merapat walaupun ombaknya besar (antrian lebih lama). VIP upgrade @10rb (sofa empuk :) ) dan tidak ada private room. Lebih baik lagi kalau sekalian naik pesawat ke Bandar Lampung :P


SABTU, 24 AGUSTUS 2013

Kami keluar dari pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 06.15 WIB, kemudian sarapan, dan berangkat lagi ke Bandar Lampung pada pukul 07.20 WIB. Kami sampai di Bandar lampung pukul 10.00 WIB dan dijemput oleh travel untuk diantarkan ke Kiluan. Sebelum berangkat, ada Ibu-ibu yang bilang, ini bis pertama yang bilang mau ke Kiluan. Saya langsung berfikir.. seperti apakah perjalanan ke Kiluan itu??
Sunrise at Bakauheuni, Lampung, Indonesia

Ternyataaaa.. Perjalanan Kiluan  cukup mulus (awalnya), kecuali kira-kira 30 km mendekati Kiluan, masyaallah. Lubang-lubang (sangat) besar di jalanan yang sempit (kanan tebing kiri jurang) plus naik turun. Perjalanan 30 km ini rasanya seperti naik wahana halilintar di dufan dengan durasi kurang lebih 1 jam!!. Kami tiba di salah satu rumah yg punya travel pada pukul 13.45 WIB untuk berganti ke mobil kecil. Dari sini, kira-kira 15 menit ke pantai dengan jalanan yang lebih parah dan lebih kecil dari sebelumnya (makanya ganti mobil yang lebih kecil). Sampai di tepi pantai, kami menyeberang naik jukung (perahu kecil yang ada bambu penyokong di kanan-kirinya) hingga ke cottage tempat menginap. Kami sampai di Cottage pukul 14.30 WIB. Fiuuuuhhh...
Saran : Lebih baik naik mobil jeep, mobil kecil lain atau motor sekalian, jangan naik bis kalau ga mau copot jantung!!

Teluk Kiluan View, Lampung, Indonesia


Summary Berangkat :
Jakarta - Merak : 3,5 jam (macet di dalam kota Jakarta)
Tunggu Ferry    : 1 jam
Merak - Bakauheni : 5 jam
Bakauheni - Bandar Lampung : 4,5 jam (plus merapat Ferry dan sarapan)
Bandar Lampung - Kiluan : 4,5 jam (plus nunggu ganti kendaraan yg lebih kecil)
TOTAL = 18,5 jam!!!!

Blue Ocean, Teluk Kiluan, Lampung, Indonesia

Sampai di Cottage, kami langsung makan siang dan bersiap-siap menuju ke Pulau Kelapa untuk snorkeling. Pulau Kelapa itu, ternyata adalah Pulau yang letaknya persis di seberang cottage kami (hanya kira-kira 3-5 menit naik Jukung, kalau mau berenang juga boleh.. kekee). Disana kami snorkeling sampai menjelang malam, sekalian menikmati indahnya sunset.
Sunset at Teluk Kiluan, Lampung, Indonesia
Pulangnya, sudah tersedia ikan bakar yang gede banget, sudah disiapkan oleh pengurus cottage. Tinggal makan. :D. Api unggun juga disediakan oleh pengurus cottage, tinggal menyalakan api saja.


MINGGU, 25 AGUSTUS 2013

Jam 06.00 WIB, kami sudah naik jukung menuju samudra hindia untuk melihat lumba-lumba. Kalau kesiangan, lumba-lumbanya udah ngumpet. Perjalanan menuju habitat lumba-lumba memakan waktu kurang lebih 3 jam PP. Walaupun seperti naik wahana halilintar versi kedua (ombaknya gede banget vs perahu jukung yang kecil), tapi akan terbayar oleh asyiknya melihat lumba-lumba yang banyak. Berikut video Lumba-lumba yang sudah saya uplod ke youtube.



Seeking the Dolphin, Sunrise at Indian Ocean, Indonesia

Pulang dari sana, kami sarapan dan jam 12.30 kami menyebrang kembali ke desa, dilanjutkan perjalanan ke Jakarta jam 14.00 WIB. Kami sampai di Jakarta, tepatnya di HR Rasuna Said pukul 04.30 WIB. Coba kalian hitung berapa lama? Yuuppp.. 15 Jam!!! --> ini masih lumayan daripada berangkat, karena kami menyebrang menggunakan Kapal Ferry besar.
Seeking the Shell, Teluk Kiluan, Lampung, Indonesia

Sekiaaaannnn... :)


Comments

  1. Nice blog... nice cerita tripnya... trims sudah berbagi cerita trip bersama kami....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah membaca.. Btw saya ikut trip sama Rafauli bukan yang ke kiluan.. tapi yang ke Ujung KuLon :P

      Delete
  2. Halo kak aku mau tanya, kalau mau ke kiluan dari bakauheni naik bus besar kira-kira memungkinkan nggak ya kak? trus kalo ke kiluan tanpa travel itu memungkinkan nggak ya kak? ohiya kakak ada kontak travel yg kk pakai enggak?kalau ada aku boleh minta? maaf banyak nanya kak, terimakasih banget nih kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya nggak memungkinkan kalo pake bus besar.. aku saranin sih pake ELF aja atau angkot *aku liat ada ko yang pake amgkot.. aku pake travel dari bandar lampung.. meeting pointnya di bandar lampung.. maaf nih aku nggak punya kontaknya..

      Delete

Post a Comment