Saya Bangga Menjadi Lulusan Pesantren.

Saya mau berbagi cerita sedikit tentang pandangan orang terhadap Pesantren,,

Setiap ada yang berkata pesantren,, apakah yang ada di benak anda? kuno? kumuh? ketinggalan jaman? Mau jadi apa? Bisanya ngaji doang? Anak buangan? Penuh anak2 bermasalah dan nakal???
Mungkin kata-kata tersebut sempat mampir di benak anda, bahkan ayah saya sendiri pun dahulu berfikir seperti itu.

Sewaktu saya tes TOEFL di Gedung Graha Sabha Pramana, UGM, ibu saya sempat mengobrol dengan salah satu orang tua mahasiswa di sana :

Orang tua Mhs (OTM) : Ibu, anaknya lagi tes?
Ibu saya (IS) : Iya,,
OTM : Asalnya mana?
IS      : Bekasi Bu,
OTM : Oh,, SMA nya mana Bu? SMA 1 ya?
IS      : Bukan, anak saya sekolah di Depok
OTM : Loh kok jauh?
IS       : Iya, anak saya sekolah di pesantren
OTM : Ah, masa sih bu? pasti sekolah umumnya pisah ya sama pesantrennya?
IS       : Nggak ko, pesantrennya jadi satu sama sekolahnya,,
OTM : Ah, anak pesantren mana mungkin  bisa masuk UGM
IS       : (sambil nahan dongkol) tapi anak saya masuk tuh Bu,, *trus ninggalin ibu2 itu,,

See? oke, lanjut ke cerita selanjutnya. Cerita ini berasal dari adik kelas saya Fariz yang sekarang masih kuliah di Teknik Arsitektur UGM. Kepala sekolah saya, memberikan nomor telpon Faris kepada salah satu calon orang tua santri. Orang tua santri tersebut tidak percaya ketika kepala sekolah kami mengatakan bahwa alumni kami ada yang masuk UGM. Kira-kira percakapannya begini :

Ortu : Assalamu'alaikum, ini Faris?
Faris : Wa'alaikum salam, Iya pak, 
Ortu : Faris, saya yang kemarin ngobrol sama Pak Zarkasyi (kepsek) mau tanya tentang pesantren kamu
Faris : Oh iya Pak, bagaimana?
Ortu : Kamu sekarang kuliah di UGM?
Faris : Iya Pak
Ortu : jurusan apa?
Faris : Teknik arsitektur
Ortu : masuk UGM nya lewat jalur apa?
Faris : UM-UGM Pak (ujian masuk)
Ortu : Itu kamu ngerjain sendiri? *doeeeeennnnkkkkkkkkkkk,,,,,

-- ini nih,, maksud bapaknya pake Joki atau Nyogok !!

Reuni (walopun cuma berempat :P) anak2 AHISCO di UGM (Me, Sarah, Ihsan, Fariz)

Yah, begitulah,, seakan-akan anak lulusan pesantren itu BODOH, BUANGAN, BISANYA NGAJI DOANG, NGGAK MUNGKIN MASUK UNIV. NEGRI,, de el el.. *curcol kegondokan :P

Sekarang ini, sudah banyak kok pondok pesantren modern. Lagipula, ajaran agama Islam itu mendahulukan "keseimbangan dunia dan akhirat". Nabi SAW juga tidak menginginkan kita untuk mementingkan akhirat saja. Ajaran Islam tidak melarang umatnya untuk belajar matematika, sains, social. Jadi, jangan anggap anak lulusan pesantren itu bisanya ngaji doang.

"Hablum minallaah wa Hablum minannaas"

Saatnya kita berfikiran terbuka, jangan lihat dari sampul saja, cobalah masuk ke dalam, nanti akan ketemu saya,, *loh?? :P

n/b : Buat Faris maaf kalo ada salah kata buat ceritanya,, heeheee,,

Comments

  1. mawar,critamu kereeen,,aq jadi your secret admirer yaa

    ReplyDelete
  2. makasih cal,, Mana ada jd secret admirer bilang bilaannngggg,,, drmana "SECRET" nya??? *capedeee,,

    ReplyDelete
  3. subhanallah, enlightening banget nih sharenya..
    Kalo baca-baca sejarah, banyak tokoh2 hebat bangsa kita justeru lahir dari pesantren, karena memang pesantren lembaga pendidikan tertua di Indonesia kan. Keep sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih udah mau baca, maaf saya sekalian ngeluarin unek-unek disini,, abisnya gondok banget sih.. hehehe.. :P

      Delete
  4. assalamualaikum , masi bimbang sih mau masuk pondok bukan masalah kolotnya tapi gapunya ilmu dasarnya

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum maaf sebelumnya mau nanya aja apa anak lulusan dari sekolah negeri yang gapunya ilmu dasar agama yang cukup ntar di pondok bisa ngejar ya .. masi minder mausk pondok , oiya keren tuh pengalamanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salaam.. terima kasih sudah mau baca.. tujuan kesana kan emang mau belajar.. adik saya baru tahun ini masuk pesantren.. backgroundnya SMP umum..
      Memang dia cerita bahwa awalnya berat, tapi alhamdulillah sekarang bisa mengejar teman-temannya..:)
      Semangat!! kalau ada niat pasti ada kemudahan kok :)
      Salam kenal,
      Mawar

      Delete
  6. ukhti mawar .... ana aidhon ukh.. ana min ma'hadilmanaar pemalang ukh ..
    ukhti bikin ana tambah semangat nih .. hehe jazakilla ya ukh ...
    minta do'anya ya ukh ... biar tahun 2015 ini ana bisa menjadi bagian dari GAMADA 15..
    hamasahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh...!!!! :)

    ReplyDelete
  7. ukhti boleh nggak minta nomor hp .. atau WA ?hhee

    ReplyDelete
  8. ukhti boleh nggak minta nomor hp .. atau WA ?hhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee.. oke semangat Retnoooo!! enaknya dikirim kemana ya? coba km kasih alamat email?
      Salam,
      Mawar

      Delete
  9. retnosumanthi@yahoo.com
    id line Gamada15 :) ana intadzir ukh .. :)

    ReplyDelete
  10. retnosumanthi@yahoo.com
    id line Gamada15 :) ana intadzir ukh .. :)

    ReplyDelete

Post a Comment