Geophysics Expedition -- Bledug Kuwu

Tim VLF (Very Low Frequency) di Bledug Kuwu

Kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman praktikum di Bledug Kuwu, Purwodadi. Sebenermya sih saya hanya menemani adek2 angkatan praktikum,, hoho..

Bergaya dulu,, hehe,, :P
Bledug Kuwu adalah salah satu fenomena alam yang ada di Indonesia. Tempat tersebut merupakan tempat keluarnya lumpur dari dalam bumi (seperti kasus lapindo). Akan tetapi, lumpur disini tidaklah panas, dan rasanya asin seperti air laut.

Eh, semburan lumpurnya malah ditutupin???

Dalam praktikum kali ini, kami mencoba memetakan zona rapuh dan penyebaran lumpur tersebut. Karena sifat lumpur yang asin, maka lumpur akan mengandung ion2 sehingga dapat menghantarkan listrik dengan baik (konduktif). Saya mendampingi adek2 menggunakan metode VLF (Very Low Frequency), sedangkan teman saya (Sulistiyani dan Ridhawulan) mendampingi adek2 menggunakan metode Geolistrik (Sounding dan Mapping).

Bersama asisten dan dosen (Mz Apip, Ikhsan, Pak Imam, Boe2, Me, Sulis, Ical, Roby)

Ridhawulan, Me, Sulistiyani
Suasana Pengambilan Data *ada yg lg galau juga,., kekekeke :P

Sounding, maksudnya pengambilan data dilakukan terhadap fungsi kedalaman. Sedangkan mapping, pengambilan data dilakukan terhadap fungsi jarak. Kami menggunakan kedua data dari metode tersebut untuk menginterpretasikan penyebaran dan kedalaman dari lumpur tersebut. Hasil dari praktikum tersebut tidak akan saya share disini yaa,, karena bukan saya yang mengerjakan,, :D

Tim VLF Hari ke-2


Sebelum makan juga masih sempet narsis ^^




Comments

Post a Comment