Skip to main content

PEMUDA



PEMUDA.. OH.. PEMUDA
Oleh : Mawar Indah Nursina

            Aku pernah mendengar cerita dari salah satu dosen FMIPA UGM, dia bercerita :

“Dahulu, ketika Islam sedang dalam masa kejayaannya, dunia Barat yang nggak mau kalah, mengirim mata-matanya ke salah satu Pusat Peradaban Islam. Bukan, bukan Baghdad, melainkan Andalusia (sekarang Spanyol). Tugas mata-mata itu adalah melihat besarnya kekuatan umat Muslim.

Ketika sampai pada satu kota di Andalusia, dia melihat seorang anak laki-laki yang sedang menangis sambil membawa ketapelnya. Dia bertanya ”Kenapa kamu menangis, nak?” Lalu anak itu menjawab sambil terisak ”Aku tidak berhasil mengenai dua burung dalam satu tembakan”. Mata-mata tersebut bertanya lagi ”Lalu, kamu berhasil mendapatkan burung?” ”Ya, aku hanya mendapatkan satu burung dalam satu tembakan” tangisnya.

Sang mata-mata terkejut mendengar jawaban anak itu ”Wah, kalau pemuda dan anak kecil saja sudah berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, bagaimana pembessar-pembesarnya?”pikirnya. Dan dia kembali ke negrinya dengan melaporkan bahwa Umat muslim tidak bisa diserang saat ini.

Beberapa tahun kemudian, dunia Barat mengirimkan mata-matanya lagi. Ketika tiba di suatu tempat, dia melihat beberapa pemuda sedang berkelahi. Kemudian ia bertanya ”Apa yang sedang engkau perselisihkan wahai pemuda?” Pemuda-pemuda tersebut menjawab ”Kami sedang memperselisihkan seorang wanita”. Mendengar jawaban itu, si mata-mata gembira dan segera pulang ke negaranya. Dia menyimpulkan bahwa mereka akan menang jika Umat muslim diserang saat ini. Nah, itulah masa-masa runtuhnya kejayaan Islam ”

Kesimpulannya, pemuda merupakan tolak ukur kekuatan suatu kaum atau bangsa. See, bagaimana pemuda bangsa ini?! Yah, kita sebagai pemudalah yang tahu apa yang terjadi. Bagaimana Semangat kita?! Motivasi kita?! Kontribusi kita?! Kreativitas kita?! Kita sendiri yang tahu. Let’s get up guys!! Buat bangsa ini bangkit!!

Comments

Popular posts from this blog

157 Fakta Cho Kyuhyun Super Junior --- Cho Kyuhyun Facts

Cho Kyuhyun, Super Junior maknae memang menarik perhatian. Selain suara yang bagus, sifat evilnya lah yang membuat ELF gemes dan pengen ngebanting *diomelin Sparkyu.. hehe.
Berikut ini 157 Kyuhyun facts yang sudah banyak tersebar di dunia maya plus tambahan sedikit dari a-Kyu.. :D


Kyuhyun berasal dari daerah distrik di Seoul yaitu Nowon.Keluarganya terdiri dari mama, papa,dan kakak perempuan.Lahir pada tanggal 3 Februari 1988.Tingginya 180, dan beratnya 68. Golongan darah A.Punya kakak perempuan bernama Cho Ara yang usianya 2 tahun lebih tua dari Kyuhyun.Ayahnya bekerja sebagai chairman di sebuah asosiasi dan kakaknya kuliah di luar negri.초규현 merupakan Hangul untuk Cho Kyuhyun.Kyuhyun beragama Kristen. Sewaktu berumur 8 tahun, dia pernah rekaman lagu gereja bersama kakaknya.Waktu umurnya 16/17 tahun, Kyuhyun ikutan Buddy Star Contest dan menang juara 3.Menjadi member SJ sejak 23 Mei 2006 di televisi. 24 Mei 2006 (official news article). 27 Mei 2006 (official debut, i-concert).Kyuhyun…

Camping ala Backpacker at Gunung Salak Endah, Bogor 15-16 Agustus 2015

Aku suka air terjun. Sangat suka.



Aku berfikir jika punya rumah nanti aku ingin suasananya seperti di sekitar air terjun. Bunyi curahan air dipadukan dengan hewan-hewan liar seperti jangkrik, tongeret, tokek, kicauan burung yang saling bersatu padu menyajikan lantunan nyanyian alam yang indah.

Satu lagi yang aku suka, Bintang. Hamparan bintang ditemani lantunan nyanyian alam, sungguh tidak tergambarkan perasaan yang aku rasakan. Hamparan bintang yang hanya bisa aku nikmati di daerah pegunungan, seakan-akan aku bisa kapan saja menggapai mereka. Begitu dekat dan terang.

Perjalanan kali ini, niat awal kami memang mau jalan-jalan yang low cost budget daripada liburan kemerdekaan nggak kemana-mana. Berhubung si Gesa pernah bilang kalau dia mau merasakan bagaimana rasanya camping, maka tercetuslah keputusan liburan ke Gunung Salak Endah ini. Kebetulan aku sudah lumayan sering camping disana, tapi dulu waktu SMA, aahahaa.

Kesimpulan dari perjalanan kami, aku dapat mengurutkan air terjun disan…

Imlek Vacation : Camping ala Backpacker ke Pulau Pari 6-8 Februari 2016 (3D2N)

Apa kabar traveler mania!
Kali ini aku akan mengajak kalian backpacker ke Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Aku ditemani teman-teman trip Krakatau sebelumnya, yah walaupun nggak full team sih. Awalnya kita mau di guide Bro Dhani (orang travel) ke sini, tapi karena doi berhalangan dengan alasan mencari sesuap nasi, apa boleh buat, tapi kita tetep berangkat, wkwkwk. Trip kali ini, kami mengumpulkan uang masing-masing 300rb kecuali 1 orang yang karena taksinya mahal banget sampai 250rb, kita kurangin patungannya menjadi 150rb. Jadi, total uang kita Rp. 1.950.000 (7 orang)



6 Februari 2016

Kami ber-enam, aku, Aini, Tiari, Sari, Heri dan Fian berangkat dari rumah Aini di jembatan Lima pukul 04.00 WIB. Nebeng Grab car (40rb), kami sampai setengah jam kemudian di Dermaga Kali Adem, Muara Angke. Sampai sana kami bertanya kepada petugas dimana tempat pembelian tiket, yang ternyata loketnya baru dibuka jam 5. Sambil menunggu Harry yang  berangkat dari Tanggerang, kami duduk-duduk di depan loket karci…