Another Indonesia Paradise - Pahawang Island dan sekitarnya

Haaloooooooo...

Wah, nggak terasa ternyata udah 4 bulan saya nggak nulis. Selain karena ada beberpa pekerjaan yang menyita waktu, entah kenapa saya juga lagi nggak ada mood buat nulis.

Nah, kebetulan ada event yang baru saya jalani dan membutuhkan update.. ahahaaaa..
Balak Island, One of Paradise Beach, Lampung, Sumatera, Indonesia

Tanggal 13-15 November 2014.. saya ikut backpacker trip "Indoribu" ke Pahawang Island, Lampung, Sumatera. Biaya 2D2N @ Rp. 585rb.

Kami Berangkat tanggal 13 Nov jam 20.30 WIB dengan meeting point di Plaza Festival Kuningan. Sampai di Pelabuhan Merak jam 00.00 WIB langsung masuk kapal. Pengalaman yang dulu waktu di Kiluan, kami mengantri panjang karena nggak tahu harus ngantri yang mana. Berhubung ini ikut travel, jadi bisa cepat dan langsung dapat kapal. Kami menyebrang ke pelabuhan Bakauheuni, Lampung selama kurang lebih 3 jam. Sampai jam 04.00 WIB kami langsung menuju pelabuhan Ketapang ( 3 jam ).
Boat yang dipakai untuk menyebrang

14 November 2014

Di pelabuhan ketapang, kami istirahat, ganti baju buat snorkeling, dan sarapan. Habis itu kami langsung naik boat menuju pulau.
On Boat... lets Go!!!

Waktu tempuh dari pelabuhan ketapang ke tempat snorkeling pertama cukup lama, kurang lebih 3 jam. Saya sempat tertidur saking lamanya. Tetapi perjalanan yang cukup lama ini terbayarkan ketika kami menyelami keindahan laut. *Serius!!

Setelah snorkeling, kami mengunjungi Pulau Balak yang masih perawan. Pasir putih dengan gradasi warna biru laut yang so awesome! Kalau nggak percaya silakan liat foto di bawah ini :-D
Di Pulau Balak ini memang dikhususkan untuk hunting foto dan bernarsis ria.. maka kami menghabiskan waktu sekitar setengah jam menikmati pemandangan di sini.
Enjoying Balak Island!!
Balak Island

Kami makan siang di dekat tempat snorkeling kedua (ada nemo nya loh). Setelah makan siang kami snorkeling lagi dan menuju tempat menginap di Pulau Pahawang besar. Kami sampai pukul 14.00 WIB dan menginap di salah satu rumah penduduk. Tempat menginap cukup oke karena walaupun nggak ada AC, rumah dan kamar mandinya bersih. Pulau Pahawang besar ini malah tidak begitu menarik (menurut saya) karena hanya ada hutan dan tanaman bakau.
Before Snorkeling, do u see the reefs there??

Sorenya, kami snorkeling lagi dan menuju Pulau Pahawang kecil untuk menikmati sunset. Pulau ini juga memiliki pasir putih dan laut biru. Jika beruntung air sedang surut, maka akan terlihat semacam jalan yang menghubungkan Pulau Pahawang kecil ini dengan Pulau Pahawang besar.

Setelah menikmati sunset, kami kembali ke penginapan dan disuguhkan ikan bakar sebagai makan malam. Tambahan, sambal lampung ini entah kenapa selalu maknyuussss.. pedesnya mantap!!
Beetween Little Pahawang and Great Pahawang Island

On Little Pahawang Island

Sunset on Pahawang Island

15 November 2014

Kami berangkat pagi jam 07.00 WIB tanpa mandi karena berniat untuk snorkeling lagi. Kami mengunjungi tempat snorkeling terakhir dan  ke pulau Unik untuk foto-foto. Pulau ini juga mempunyai pasir putih dan laut gradasi biru, tapi sayang sudah agak kotor, dan kebetulan ada pengunjung lain sehingga agak ramai.
Unik Island
My Sandals on Unik Island /hehe

Kemudian mampir ke Pulau Kelagian untuk membersihkan diri. Jujur, saya lebih suka pulau ini karena lebih bersih. Mungkin karena ini adalah barak TNI AL kali yaaa.. Kata penjaganya, dulu pulau ini sering dikunjungi lumba-lumba karena banyak tentara yang memberi mereka makan. Akan tetapi, sekarang sudah jarang, karena pulau ini juga sudah tidak dihuni lagi. Semoga lumba-lumba itu bisa kesana lagi yaaa... :-)
Kelagian Island
Banana Boat on Kelagian Island

Dari pulau Kelagian, kami kembali ke Pelabuhan Ketapang yang ternyata cukup dekat. Kami makan siang di Bakso Sony di lampung dan menuju pelabuhan Bakauheuni. Sampai di pelabuhan Merah pukul 18.30 kemudian langsung menuju Jakarta. Sampai di jakarta pukul 21.30.. yah.. lumayan ga tengah malam atau dini hari lagi..