Jalan-jalan berkedok Bisnis Trip Bandung, 9 - 12 Agustus 2016

Bandung lagiiiii..

Hasil nodong orang pacaran

Menanti Senja
Kali ini aku ikut acara SKKMigas Forum Eksplorasi yang diadakan di Hotel Mercure Setiabudi Bandung. Aku berangkat dari kantor tanggal 9 Agustus siang demi nggak macet. Berhubung ini adalah acara kantor, pastinya semua biaya ditanggung. Tetapi, berhubung aku lebih suka nyusahin diri sendiri dengan berangkot ria, jadi tetep perjalanan kali ini kita ngeteng alias ngebolang yaa.. lebih seru kaaan..

Hotel Mercure Setiabudi Bandung
Kolamnya bagus yaa

Kali ini berkesempatan menginap di hotel Bintang 4 ini. Hotelnya bagus, kolam renangnya juga oke, makanannya enak. Lokasinya berada di Setiabudi, lebih ke atas daripada kota Bandung, ke arah Lembang, jadi suasana dan udaranya oke banget buat bersantai. Tambahan, kolam renangnya juga pake air hangat, jadi nggak kedinginan. Kalau malam, kolamnya bagus banget ada lampunya kayak langit bertabur bintang. Eaaaa..

Kekurangan hotel ini satu aja sih sebenernya, agak jauh dari mana-mana, ke Lembang masih jauh, ke kota apalagi. Ke alun-alun naek gojek aja aku ngerasa jauuuhhh banget. Belum lagi kalau jam pulang kantor sore, Bandung macetnya mirip-mirip di Jakarta lah. Mungkin karena jalannya kecil-kecil juga kali yaa.. kalau suasana dan kuliner aku tetep suka disini. adeemmm.. enaaaakk.. ayoklah siapa yang mau ngajak aku ke Bandung lagi.. wkakakakk..

Diambil dari kolam renang..
Bening yaa.. sebening indah matamu..
Tetep butuh eksis laah..

Kamarnya gini nih..

Masjid Agung dan Alun-alun Kota Bandung
Masjid Agung dan Alun-alun kota Bandung
Pintu Gerbang Masjidnya kereen
Sebenernya, aku udah janjian sama si Heri mau ketemuan. Berhubung orangnya masih sibuk kerja, akhirnya aku mampir kesini. Sudah berkali-kali mengunjungi kota Bandung tapi belum pernah mampir kesini. Mengejar sunset yang alhamdulillaah dapet walaupun agak mendung, akhirnya aku bisa menikmati sore di Kota Parahyangan ini.

Aku baru tahu alun-alun di depan masjid ini tidak boleh diinjak, sehingga orang-orang harus melepas alas kakinya jika mau bermain dia atas rumput. Di samping lapangan, ada taman bunga yang dibuat seperti labirin, menambah keindahan pemandangan halaman masjid agung ini. Kebetulan saat aku berkunjung, lapangan ini ramai sekali.

Senja semakin tenggelam dan aku mampir ke dalam masjid untuk sholat. Ternyata, arsitektur dalam masjid ini terkesan kuno walaupun terlihat sangat luas. Menurutku, untuk ukuran masjid Agung, unsur-unsur keindahan nuansa islaminya sangat kurang. Kaligrafinya kurang banyak, jadi terkesan biasa saja, beda dengan penampilan luar masjidnya yang wah.

Ketika mulai gelap
Tulisan Alun-alun Bandung di Halte Bus depan Masjid

Kulineran Bandung

Kulineran Bandung kali ini, pertama-tama aku mampir di PVJ sepulang dari Masjid Agung, sebetulnya karena nyasar sih, salah naek angkot. Sotoy sih maen naek aja. Untung masih searah setiabudi angkotnya. Muter-muter PVJ yang malah berujung bingung mau makan apa, akhirnya pilihan tetep jatuh ke menu Favorit. KFC. Haha.
KFC di PVJ.. sama aja kan yaa bentukannya.
Sate Pak Kardjan. Mampir kesini atas rekomendasi Pak Djaja SKKMigas. Berhubung geratis, jadi aku ikut aja. Beneran deh kalau nyari sate di Bandung, kudu mesti mampir ke Sate Pak Kardjan depan Hotel Hilton ini. Satenya gede-gede dan empuk. Kalau disuruh balik lagi apalagi gratis, aku langsung ngajuin diri deh!
Sate dan Sopnya mantaaap
Two Cents Cafe. Cafe ini terletak di Riau, lagi-lagi atas rekomendasi Pak Djaja. Cafenya unik, minumannya enak, saran sih duduk di dalem aja, karena di luar bener-bener kayak sepur, asep semua isinya. Disini aku memesan hot cafe mocha, my favorite.
My Cafe Mocha
Surabi Telor Oncom Keju
Soerabi Oncom. Mampir ke surabi ini tepatnya karena dadakan dan ini aja yang masih buka. Tadinya janji mau makan malem sama Heri, eh ternyata disuruh ikut ke Sate. Dilema kan yaa. Soalnya satenya gratis. Akhirnya jam stgah 11 baru pulang dan perut masih keruyukan karena makannya dikit , udah terlanjur janji mau makan malem bareng Heri yg  aku tinggalin di hotel demi sate. Soerabi ini menurutku keras, nggak seenak surabi yang aku makan waktu nginep di rumah Mba Anggi di Cisaranten, yah walaupun warungnya rame banget.
Tempat buat surabinya banyak bangeet
Kedai Ling-Ling. Bela-belain kesini demi Heaven Manggo Dessert-nya yang maknyuuuuus. Setengah maksa si Heri juga sih buat nganterin kesini. Dan hari ketiga baru berhasil kesini gara-gara ada aja acaranya.. itu pun setengah menolak ajakan makan malam lagi dari bapak-bapak..wakaakka.. Mau gimana lagi kan, ngidamnya udah dari 6 bulan yang lalu. Aku pesen ramen juga, tapi ramennya nggak recommen deeh.
Ini diaaa.. Mango Heaven Dessert
Ramennya.. biasa aja lah

Cilok Kuah Panangkringan. Gara-gara ramennya yang nggak aku abisin, akhirnya aku ribut minta makan lagi. Heri rekomendasiin kesini, di Lembang. Katanya cilok plus cekernya maknyuss.. mendengar kata ceker aku langsung mengiyakan tanpa berpikir.

Sementara.. aku kasih tau situasinya, jam 10 malem ke Lembang! Naek Motor! Nggak pake jaket! Soalnya niat cuma ke Kedai Ling-Ling aja.. Pas berangkat sih masih oke, belum terlalu dingin.. pas pulang... sampe membeku di motooor! Tapi cilok cekernya enak looh bikin anget perut.. mantaaap! Bolehlah kapan-kapan balik lagi kesini yaaa..

Bengkel Kopi. Cafe ini terletak nggak jauh dari hotel mercure setiabudi. Aku mampir kesini hari terakhir sepulang dari The Lodge karena bingung mau kemana lagi padahal travelnya masih lama. Akhirnya aku memesan chicken Wings dan Cafe Mocha. Ternyata, makanan maupun minumannya oke juga, padahal sepi. Apa aku berkunjung di waktu yang salah yaa.. entahlah. Cafe ini recommend lah, tempatnya juga oke, pelayanannya oke.

Suasana di Bengkel kopi bener-bener kayak Bengkel

The Lodge Maribaya

Pemandangan The Lodge dari atas
Sudut lain The Lodge Maribaya
Oke, mau ngaku, aku nekat banget lah kesini sendirian. Berhubung acara forum udah selesai sebelum zuhur dan aku masih pulang nanti malam, aku memutuskan untuk berkunjung ke The Lodge yang katanya bagus itu. Dari hotel mercure, aku naik angkot ke Lembang. Niatnya mau naek angkot ke arah The Lodge, tapi ternyata angkotnya masih kosong dan menurut review di blog, ngetemnya lama banget. Akhirnya aku memutuskan untuk order gojek yang untungnya langsung dapet. Alhamdulillaah.

Perjalanan ke The Lodge dari pasar Lembang ditempuh kurang lebih 45 menit dengan kondisi jalan yang cukup rusak. Jauh juga ya ternyata.. haha. Memasuki kawasan The Lodge yang ternyata agak jauh dari jalan besar, terlihat kebun-kebun kol di sepanjang jalan. Sambil mikir,  pulangnya ke jalan besar jauh juga yaa.

Sampai di The Lodge aku membeli tiket masuk seharga 20rb. Di parkiran aku lihat motor dan mobil berjejer. Emang sih, akses kesini agak susah jika menggunakan angkutan umum.

Berkeliling di The Lodge yang isinya hampir semua berpasangan dan aku sendirian *Baper akut. Aku minta tolong fotoin aja ke salah satu pasangan dengan iming-iming aku bakal motoin mereka juga. Selebihnya, aku kayak orang gila ngacir sendiri, selfie sendiri, makan sendiri, apa-apa sendiri. wkwkwkwk.

Satu jam kemudian, aku membuka aplikasi gojek untuk order pulang. Setengah jam kemudian yang aku tunggu sambil berfoto ria, aku belom juga dapet gojek. Nah loh. Akhirnya aku jalan ke depan ke jalan besar berharap ada angkot kuning yang lewat. Ternyata.. nggak ada. Aku jalan lagi sepanjang jalan besar sambil masih berharap angkot lewat. Beberapa lama jalan, angkot nggak lewat lewat juga. Agak mulai panik gimana caranya bisa sampe Lembang kalau gini, padahal nanti malem harus udah balik ke Jakarta.

Sambil nunggu order Gojek yang ternyata nggak dapet-dapet
Bonceng tiga.. wkwkwk
Lagi kebingungan, tiba-tiba ada bapak-bapak naek motor mbonceng emak-emak nanya. Mungkin kasian ngeliat aku jalan sendirian di pinggir jalan kayak anak ilang kali yaa..

"Mau ke mana neng?" kata si Bapak dengan logat sundanya.
"Mau ke Lembang pak"
"Nunggu angkot?"
"Iya pak"
"Waduh neng kalo jam segini mah udah nggak ada angkot lewat" Nah loh gimana nih?
"Waduh.. "
"Ikut Bapak aja sini neng, nanti Bapak anter ke Lembang, tapi bonceng bertiga yaa". aku melihat ke ibu-ibu di belakangnya yang tersenyum.

Akhirnya nggak mikir lagi, aku mengiyakan si Bapak bonceng tiga. *untung bonceng tiganya nggak sampe Lembang karena si Bapak cuma nganterin ke rumah. Dianterin si Bapak sampai dapat angkot ke arah Setiabudi, aku kasih Bapaknya uang buat bensin balik lagi kesana plus makan malem ya paak. Pokoknya bersyukur banget bisa ketemu Bapak baik hati ini laah.

Pemandangan jalan masuk ke The Lodge

Sekian perjalananku kali ini.. penuh warna-warni sih menurutku.. Sampai jumpa di petualangan selanjutnyaa.. bhaaayyyy!